RR. Amanda Pasca Rini, S. Psi, MSi Menjadi Asesor Beasiswa LPDP 2015

Rabu, 27 Mei 2015 - 11:49:10 WIB
Dibaca: 622 kali

 

RR. Amanda Pasca Rini, S.Psi., M.Si, psi dosen Fakultas Psikologi Untag Surabaya menjadi asesor seleksi wawancara calon penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia tahun 2015 program magister dan doktoral. Proses seleksi dilaksanakan di Jakarta selama 5 hari dari tanggal 20-24 Mei 2015.   

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) program magister dan doktoral adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program magister atau program doktoral di perguruan tinggi di dalam dan luar negeri. Hal itu tentu membutuhkan tim asesor untuk memilih penerima beasiswa tersebut. Salah satu asesor yang dibutuhkan adalah dalam bidang psikologi. 

Amanda sebagai asesor bidang psikologi mengaku mempunyai tanggung jawab moral saat melakukan interview kepada calon penerima beasiswa. “ Sebagai juri harus melepaskan subjektivitas dalam memberikan penilaian,” Kata Amanda.

Kemandirian, tanggung jawab, percaya diri, daya juang, fokus dalam memilih jurusan sehingga mampu mempersiapkan perencanaan adalah hal penting yang harus dimiliki oleh mereka yang ingin mendapatkan beasiswa LPDP. “ Selain itu,  nasionalisme, idealiseme dan integritas adalah yang utama,” imbuhnya saat ditemui di Fakultas Psikologi, Senin (25/5/2015).

Sasaran pelamar BPI program magister dan doktoral adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang mempunyai kemampuan akademik yang unggul dan jiwa kepemimpinan yang kuat serta berkeinginan untuk melaksanakan studi lanjut pada program magister atau program doktoral pada perguruan tinggi tujuan LPDP baik pada bidang ilmu yang sama maupun berbeda dengan bidang ilmu pada jenjang pendidikan sebelumnya.

Aktif kuliah saja, lanjut  Amanda, masih kurang tetapi harus didukung dengan aktifitas yang lainnya seperti keikutsertaan di organisasi baik dalam maupun luar kampus dan aktif kegiatan di masyarakat. “ Bagi mahasiswa yang sepi aktifitas maka akan susah lolos beasiswa LPDP maupun beasiswa yang lainnya. Rasa percaya diri mahasiswa Untag Surabaya harus kita dorong agar bisa ikut beasiswa LPDP,” tutup Amanda ketua Unit Pelayanan dan Konsultasi Psikologi (UPKP) Fakultas Psikologi tersebut.

Beasiswa ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan mempunyai visi masa depan bangsa yang kuat sebagai pemimpin Indonesia masa depan. Komitmen LPDP tersebut diwujudkan melalui pemberian bantuan pendanaan dalam bentuk beasiswa kepada masyarakat untuk studi lanjut pada program magister atau program doktoral di perguruan tinggi unggulan baik di dalam maupun di luar negeri bagi yang memenuhi kualifikasi LPDP.




Sumber Berita: warta17agustus.com


http://warta17agustus.com/berita-rr-amanda-pasca-rini-s-psi-msi-menjadi-asesor-beasiswa-lpdp-2015.html#ixzz4NseMiPJ8

Komentar