KULIAH LAPANGAN MAHASISWA S1 PSIKOLOGI UNTAG SURABAYA DI RSJ WIKARTA MANDALA

Kamis, 26 April 2018 - 09:40:58 WIB
Dibaca: 97 kali

Para mahasiswa S1 Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melaksanakan kegiatan kuliah lapangan di RSJ Wikarta Mandala yang bertempat di Jl. Raya Sebaluh No.22, Sukomulyo, Pujon, Malang, Jawa Timur pada Hari Sabtu (21/4). Kegiatan tersebut diikuti oleh 157 mahasiswa, yang terdiri dari mahasiswa kelas Pagi dan kelas Sore. Kuliah lapangan diselenggarakan untuk mempraktekkan dan mengasah keterampilan mahasiswa dalam melakukan observasi dan wawancara psikodiagnostik. Menurut Isrida Yul Arifiana, S.Psi, M.Psi, Psikolog, mahasiswa telah mendapatkan bekal teori tentang prosedur dan langkah-langkah dalam melakukan observasi dan wawancara untuk tujuan menegakkan diagnosa suatu gangguan psikologi namun demikian mahasiswa harus mendapatkan pengalaman langsung, salah satunya melalui kuliah lapangan.

Kegiatan kuliah lapangan diawali dengan observasi dan wawancara kepada beberapa pasien yang ada di RSJ. Wikarta Mandala. Mahasiswa dibagi menjadi 10 kelompok, setiap kelompok diberikan kesempatan selama 2 (dua) jam untuk melakukan wawancara dan observasi pada 1 (satu) pasien. Setelah mendiskusikan hasil observasi dan wawancara dengan kelompok masing-masing. Mahasiswa diarahkan untuk berkumpul di aula. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab yang dipandu langsung oleh dr. Candra selaku dr. jaga di RSJ. Wikarta Mandala. Setiap kelompok diminta mempresentasikan temuan-temuan dari hasil observasi dan wawancara. Setelah dr. Candra mennggapi temuan-temuan mahasiswa, mahasiswa kemudian dipersilahkan untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan pendalaman. Kegiatan diskusi berjalan selama 3 (tiga) jam.

dr. Candra memberikan tanggapan terhadap setiap pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa. Beberapa kali dr. Candra mengungkapkan kekagumannya kepada mahasiswa Psikologi Untag karena dalam waktu yang sangat singkat sudah bisa menentukan diagnosa gangguan beberapa pasien yang di observasi. "saya sangat salut kelompok anda dalam waktu singkat bisa langsung menentukan diagnosa bipolar untuk pasien X, padahal saya butuh waktu 1 minggu untuk itu" kata dr. Candra dengan senyumnya yang khas.

Komentar