400 Mahasiswa Psikologi Ikuti Kuliah Umum:Peluang Psikologi Dimasa Depan

Sabtu, 15 September 2018 - 10:31:51 WIB
Dibaca: 67 kali

Fakultas Psikologi UNTAG Surabaya selenggarakan Studium Generale dengan tema ‘’Psychology in The Future’’ diawal perkuliahan semester ganjil 2018/2019. Kegiatan yang menghadirkan narasumber Dr. Anna Leybina dari Lomonosov Moscow State University, Russiabertempat di Gedung Graha Wiyata lantai 9, Senin (10/09) .

Studium Generale ini wajib diikuti oleh mahasiswa Strata-1 maupun Strata-2 Fakultas Psikologi UNTAG Surabaya, dengan tujuan memberikan gambaran kepada mahasiswa Fakultas Psikologi tentang peluang Psikologi dimasa depan.

 

Dr. SurosoMS, Psikolog., Dekan Fakultas Psikologi mengatakan Fakultas Psikologi itu memiliki  ciri khas yaitu keberagaman. Keberagaman disini yaitu pendekatan – pendekatan psikologi dalam menangani permasalahan, membantu masyarakat.

‘’Negara kita bhineka tunggal ika, sehingga sangat beragam kulturnya, bahasanya, dllnya. Termasuk dalam kontek ini keberagaman dalam pendekatan Psikologi dari berbagai negara. Jadi variasi itulah yang kita harapkan dapat mewarnai kemahasiswa agar mereka memiliki wawasan keberagaman, bukan hanya Indonesia tapi menengal dari berbagai negara salah satunya negara Russia,’’ tutur Dr. Suroso pada warta17agustus.com

Dalam kontek menghadapi permasalahan kedepan, lanjut Suroso, tidak mungkin jika hanya stagnan dalam satu posisi seperti kemaren atau masalalu. Tapi harus mampu mengantisipasi perubahan-perubahan dimasa yang akan datang.

‘’Dimasa depan itu permasalahannya yaitu bagaimana kita bisa berfikir ktiris, kecerdasan emosinal, kreatifitas, fleksibel dalam berfikir dan digital skill. Kerena berbagai macam perkerjaan nantinya akan tergantikan oleh teknologi sehingga peran manusia yang tidak bisa tergantikan yaitu softskill, seperti berfikir kritis, dll. jika seandainya itu tidak bisa dikuasai oleh mahasiswa, maka mahasiswa tidak akan mampu memberikan layanan psikologi secara profesional bahkan tidak mampu mengantisipasi masa depan jika tidak bersikap sejak awal,’’ jelasnya

Dekan Fakultas Psikologi itu berharap dengan adanya Studium Generale ini mahasiswa akan termotivasi untuk terus melakukan pembaharuan ilmu, yang bisa didapatkan tidak hanya dari bangku kuliah saja.

‘’Semoga mereka mampu mengantisipasi kedepannya akan seperti apa. Dunia terus bergerak sehingga mereka tidak boleh santai dalam belajar. Jangan hanya mendapatkan materi dibangku kuliah tapi mereka juga proaktif mencari sumber-sumber literatur materi perkuliah dari buku, internet, kuliah umum ataupun seminar,’’ harapnya pada mahasiswa Fakultas Psikologi. 

Sumber: https://warta17agustus.com/berita-fakultas-psikologi-berikan-gambaran-peluang-psikologi-dimasa-depan-.html

Komentar