Bermain Sambil Belajar di PAUD Cahaya Hati
Rabu, 09 Juli 2025 - 08:55:21 WIBDibaca: 1 kali
Bermain Sambil Belajar di PAUD Cahaya Hati
Oleh:
Sania Purnama Putri Alisia – 1512200356
Bella Tri Prastiningsih – 1512200364
Reghina Mey Rizki Putri Arifa – 1512200405
Dwi Dzulhijjatul Karimah – 1512200407
Rizka Agustia – 1512200413
Mahasiswa Fakultas Psikologi
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Sebagai bagian dari mata kuliah Psikologi Anak Usia Dini, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melaksanakan kegiatan pembelajaran langsung di PAUD Cahaya Hati, Menur, Surabaya, pada hari Kamis, 12 Juni 2025.
Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara PAUD Cahaya Hati Menur dan Fakultas Psikologi Untag Surabaya. Suasana kegiatan berlangsung hangat, menyenangkan, dan edukatif, diikuti oleh 11 anak didik PAUD dalam aktivitas yang dirancang untuk menstimulasi berbagai aspek perkembangan anak usia dini.
Kegiatan dimulai dengan perkenalan, ice breaking, dan penayangan video animasi singkat. Anak-anak kemudian mengikuti sesi storytelling, di mana mereka mendengarkan cerita, mengulang bagian cerita favorit, serta menunjukkan ekspresi imajinatif mereka. Melalui kegiatan ini, anak-anak diajak mengembangkan kemampuan bahasa dan keterampilan menyimak.
Selanjutnya, anak-anak menyusun puzzle bergambar hewan untuk menstimulasi kemampuan kognitif, konsentrasi, dan pemecahan masalah. Setelah itu, mereka mengikuti sesi finger painting, yaitu mewarnai gambar domba dengan mencelupkan jari ke dalam cat, guna melatih motorik halus serta mengekspresikan kreativitas.
Kegiatan diakhiri dengan penutup dari fasilitator dan pemberian apresiasi kepada anak-anak atas partisipasi mereka.
Melalui pendekatan bermain sambil belajar, anak-anak tidak hanya memperoleh pengalaman yang menyenangkan, tetapi juga mengembangkan keterampilan dasar dalam aspek bahasa, kognitif, motorik halus, serta sosial-emosional. Sementara itu, bagi mahasiswa, kegiatan ini menjadi pengalaman berharga dalam memahami dunia anak usia dini secara langsung dan aplikatif.
Komentar